PELATIHAN PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TINGKAT SD DAN SMP SE-KABUPATEN ACEH TENGAH

Kategori : Government Kamis, 23 November 2017

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi Kepala Sekolah Kabupaten adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah bidang Pendidikan Kabupaten Aceh tengah. Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi Kepala Sekolahdi lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah Pada tahun ini  dilaksananan Pada Tanggal 06- 11 November 2017 di aula SMP Negeri 2 Takengon dengan Anggaran Biaya OTSUS Bidang Pendidikan tahun Anggaran 2017.

Peserta yang mengikuti Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi Kepala Sekolah terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru tingkat SD dan SMP sederajat. Pelatihan diikuti kepala sekolah dan wakil kepala sekolah sebanyak 170  orang  

Tujuan diselenggarakannya Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi Kepala Sekolah adalah sebagai berikut :

1. Melaksanakan pembangunan pendidikan di daerah tertinggal dan khusus melalui program perluasan akses,       peningkatan mutu pendidikan dan pemantapan manajemen pendidikan.

2. Meningkatkan pelayanan pendidikan 9 tahun yang memadai dan bermutu melalui pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ).

3.Meningkatkan Kapsitas pengelola kelembagaan pendidikan di tingkat sekolah dan tingkat daerah dalam mendukung pemulihan dan peningkatan pelayanan pendidikan, serta kesinambungannya.

4. Menin gkatkan pertisipasi masyarakat dalam pelayanan pendidikan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

5. Mengajak masyarakat (wali Murid) mau berpartisipasi mengembangkan sekolahnya melalui perencanaan yang      disusun oleh Kelompok Kerja Rencana Kerja Sekolah (KK RKS) yang anggotanya terdiri dari Pihak Sekolah dan Masyarakat sendiri dan mengajak Sekolah dan Masyarakat untuk membangun transparansi dalam mengelola keuangan sekolahnya,sehingga harapan semua pihak dalam memajukan pendidikan dapat tercapai demi masa depan Generasi Penerus bangsa. Dan setiap Sekolah/Madrasah memiliki Misi dam Visi yang jelas dan terukur.

Setelah mengikuti Pelatihan ini, diharapkan dapat memperoleh wawasan yang luas, penyamaan persepsi dan sinkronisasi program yang dapat membantu dalam pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan khususnya wajar 12 tahun di kabupaten Aceh Tengah

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32